K3 KUNCI KESEJAHTERAAN PEKERJA DAN PERUSAHAAN

Dirut PT. Waterland Nusantara
MUSPHIYANTO CHALIDYA PUTRA Direktur PT Waterland Nusantara

        Lama berkencimpung dalam dunia safety menjadikah musphiyanto berani tegas mangatakan bahwa k3 adalah upaya dari prusahaan untuk melindungi pekerja .laki laki kelahiran tahun 1953 ini pun melanjutkan ,”K3 bukan hanya sebatasitu saja , K3 juga sebagai system yang terpenting di dalam melindungi asset perusahaan ,”ujar ia, jika kedua ini tercappai dan di jalankan dengan baik, tambah ia, maka pekerja dan perusahaan pasti akan sejahtera.
Sekali lagi musphiyanto menegaskan K3 adalah salah satu kunci kesejahteraan pekerja dan perusahaan .K3 juga dapat menjamin kesinambungan usaha karena jka itu bisa berjalan dengan baik maka seluruh asset perusahaan pun pasti akan terpelihara dan berfungsi dengan baik,”ujar ia. Begitu pentingnya “fungsi “ k3 dalam suatu perusahaan, laki laki asal Kalimantan ini mengemukakan alasannya, jika K3 tidak dijalankan dengan baik dan benar maka kualitas tenaga kerja akan terganggu’jika kualitas pekerja terganggu maka hal itu akan berimpas kepada sector pproduksidan kelak perusahaan akan menanggung kerugian jika pekerjannya kurang produktif,”jelas penyuka soto banjar ini.
            K3 harus di terapkan di mana saja, mulai dari rumahh tangga sampai di lapangan kerja, beber ia. Contohk3 di rumah tangga adalah bagaimana menggunakan pisau, dan listrik secara benar . Di jalan juga sepeerti itu.” Setelah keluar dari rumah pasati ada banyak ada bahaya yang mengancam, maka kita perlu waspada dengan cara mengimplementasikannya dengan baik dan benar.”jelas laki laki pehobi aktifitas outdoor ini. K3 adalah tanggung jawab semua orang, tandas bapak dari 3 orang putri ini. Di rumah tangga, misalnya, yang bertanggungjawab adalah kepala rumah tangga. Sedangakan dalam perusahaan – top managemen dan Negara adalah kementrian tenaga kerja . menurut musphiyanto, k3 di idonesia telah menangani peningkatan,dan sosialisasinnya pun sudah dalan proses atau koridor ang benar . Saat ini, k3 sudah mulai disosialisasikan ke SMK, perguruan tinggi dan UKM.” Namun, sosialisasiharus lebih di galakan lagi melalui mass media seperti televise, radio , majalah dan sebagainya.”desak ia. Bulzn k3nasional harus lebih digaungkan lagi sebagai bentuk promosi K3, jelas pemilik falsafah hidup tidak pernah berhenti belajar ini.
           Ia melihat, kendala yang di hadapi pemerintah selama ini adalah minimnya pengawas ini di lapangan. Seharusnyalah, di setiap perusahaan ada pengawas K3-nya sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang pengawas tersebut di awasi dan di bina terus oleh pemerintah, gagas ia. Musphiyantoberharap k3 kedepan terus di tingkatkan dan dapat di menjadi budaya hidup sehari hari, setip orang saling mengingatkan , ajak ia
Dikutip oleh majalan KATIGA .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>